Back

A. VISI
Visi SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan adalah “terwujudnya lulusan sebagai tenaga kerja yang terampil, produktif, profesional, berjiwa wirausaha dan mandiri berlandaskan iman dan taqwa”.

B. MISI
Dalam mewujudkan visi yang telah ditetapkan, maka perlu adanya misi yaitu:
  a. Mengembangkan pembelajaran berbasis projek.
  b. Meningkatkan hubungan kemitraan dengan DUDIKA, dalam rangka pengembangan pendidikan vokasi.
  c. Menjalankan Teaching Factory yang dikelola bersama dengan DUDIKA.
  d. Menumbuhkan jiwa wirausaha dengan potensi lokal.
  e. Menumbuh kembangkan perilaku religius.
  f. Menumbuhkan budaya kerja di lingkungan sekolah
  g. Mengembangkan budaya literasi digital.

C. TUJUAN
Tujuan akhir yang diharapkan oleh SMKN 3 Kota Tangerang Selatan dalam pelaksanaan program-program sekolah untuk mewujudkan misi sekolah ditetapkan dalam bentuk 3 bagian, yaitu tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek.

1. Tujuan Jangka Panjang
a. Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
b. Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja sesuai dengan program keahliannya.
c. Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik / vokasi / kedinasan terkemuka sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
d. Menghasilkan lulusan yang mampu berwirausaha sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
e. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.
f. Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).

2. Tujuan Jangka Menengah
a. Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.
b. Menyusun beban belajar bagi pelajar yang manageable namun tetap berkualitas serta dengan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan kontekstual.
c. Membekali pelajar dengan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis.
d. Membekali pelajar dengan penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).
e. Memfasilitasi pelajar untuk dapat melampaui kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SMK, baik akademik dan non akademik.
f. Memfasilitasi pelajar untuk mampu menyusun karya tulis yang orisinil.
g. Memfasilitasi pelajar untuk mendapat keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minatnya.

3. Tujuan Jangka Pendek
a. Pembentukan karakter berdasar Profil Pelajar Pancasila
1) Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada 100% mata pelajaran yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek.
2) Melaksanakan 100% penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
3) Mendorong 100% pelajar mencapai minimal predikat berkembang pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
b. Proses belajar yang manageable namun tetap berkualitas
    1) Mendorong agar tingkat keterlibatan pelajar dalam proses belajar mengajar mencapai minimal 95%.
    2) Mengelola proses belajar mengajar agar tingkat kepuasan pelajar mencapai minimal 90%.
c. Keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis
    1) Mengintegrasikan project based learning pada 100% mata pelajaran.
    2) Memfasilitasi 100% pelajar menghasilkan minimal 1 produk kreatif per tahun dari project based learning.
    3) Melaksanakan 100% proses penilaian yang mengandung minimal 25% soal bertipe HOTS.
    4) Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 70% soal bertipe HOTS dengan benar.
d. Penguasaan 6 literasi dasar
    1) Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 100% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 1 dengan benar.
    2) Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 80% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal)  dengan tingkat level kognitif 2 dengan benar.
    3) Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 60% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 3 dengan benar.
e. Kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SMK
    1) Memfasilitasi 100% pelajar untuk mampu mencapai rata-rata nilai akhir Tahun Pelajaran minimal 75 pada aspek pengetahuan dan keterampilan.
    2) Menangani 100% pelajar yang mengalami permasalahan pembelajaran agar dapat terselesaikan.
f. Keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minat
    1) Mendorong 100% pelajar memilih kelas peminatan berdasar bakat dan minatnya.
    2) Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 ekstrakurikuler pilihan sesuai bakat dan minatnya.
    3) Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 program life skill sesuai bakat dan minatnya.
    4) Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 lomba/kompetisi akademik dan non akademik per tahun atau minimal 1 kali program magang sesuai bakat dan minatnya.
g. Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten