Program pembelajaran yang diprogramkan secara khusus untuk diselenggarakan di masyarakat antara lain berupa Praktik Kerja Lapangan (PKL). Program Praktik Kerja Lapangan disusun bersama antara sekolah dan DUDIKA dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik, sekaligus merupakan wahana berkontribusi bagi dunia kerja terhadap upaya pengembangan pendidikan di SMKN 3 Kota Tangerang Selatan. Waktu pelaksanaan untuk selama 6 (enam) bulan dilakukan oleh siswa kelas XII.
Tujuan Praktik Kerja Lapangan antara lain sebagai berikut.
- Mengaktualisasikan model penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) antara SMKN 3 Kota Tangerang Selatan dan DUDIKA yang memadukan secara sistematis dan sistemik program pendidikan di sekolah (SMK) dan program latihan penguasaan keahlian di dunia kerja.
- Membagi topik-topik pembelajaran dari Kompetensi Dasar yang dapat dilaksanakan di SMKN 3 Kota Tangerang Selatan dan yang dapat dilaksanakan di Institusi Pasangan (DU/DI) sesuai dengan sumberdaya di masing-masing pihak.
- Memberikan pengalaman kerja langsung (real) kepada peserta didik dalam rangka menanamkan (internalize) iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja.
- Memberikan bekal etos kerja yang tinggi bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja dalam menghadapi tuntutan pasar kerja global.
Mekanisme PKL diuraikan sebagai berikut:
- Pemetaan Industri
Dalam hal ini SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan melaksanakan kegiatan Pemetaan disesuaikan dengan kebutuhan industri, maka semakin dalam hal ini sekolah masih dalam tahap memperluas jalinan industri dengan DU/DI.
2. Penguatan Keterampilan dan Sikap Kerja melalui Program In Job Training
In Job Training adalah program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi keahlian yang materinya menyesuaikan dengan kebutuhan tempat PKL selama 1 minggu atau 48 jp. Selama IJT berlangsung peserta didik tidak berada di kelas melainkan di tempat kerja yang sudah disediakan.
3. Pembekalan Program PKL
Sebelum peserta didik diterjunkan di DUDI, maka peserta didik dilakukan tahap pembinaan selama 1 minggu mulai dari pembinaan mental, etos kerja, dan pembuatan laporan hasil kegiatan PKL.
4. Penetapan Pembimbing
Selanjutnya setelah melaksanaan pembinaan dilanjutkan dengan penetapan oleh kepala sekolah, dengan dikeluarkannya surat keputusan bahwa siswa tersebut layak diterjukan kelokasi DU/DI.
- Penilaian peserta didik saat melaksanakan PKL meliputi aspek Keterampilan dan Sikap Kerja. Perencanaan penilaian PKL dilakukan secara terintegrasi dengan mata pelajaran yang telah dipelajari menyesuaikan kondisi yang ada di Dunia Usaha dan Industri (DU/DI). Format-format penilaian disiapkan oleh satuan pendidikan diantaranya
● Penilaian Kompetensi Keterampilan
No.
Kompetensi Dasar
Skor
BK
0 – 64
CK
65 – 69
K
70 – 84
SK
85 – 100
● Penilaian Sikap
No
Nilai-Nilai Perilaku
Skor
K
C
B
SB
1.
Kedisiplinan
2.
Tanggung jawab
3.
Komunikasi
4.
Kerja sama
5.
Inisiatif
6.
Ketekunan
7.
Kreativitas
- Penilaian peserta didik saat melaksanakan PKL meliputi aspek Keterampilan dan Sikap Kerja. Perencanaan penilaian PKL dilakukan secara terintegrasi dengan mata pelajaran yang telah dipelajari menyesuaikan kondisi yang ada di Dunia Usaha dan Industri (DU/DI). Format-format penilaian disiapkan oleh satuan pendidikan diantaranya
Pelaporan Hasil Praktik Kerja Lapangan
Peserta didik yang sudah selesai melaksanakan Praktik Kerja Lapangan membuat laporan yang sudah ada pada buku Jurnal PKL, kemudian guru menjadwalkan ujian presentasi untuk dinilai. Setelah dinyatakan lulus, peserta didik berhak mendapatkan sertifikat yang di keluarkan oleh sekolah dan tempat PKL. Nilai yang didapat akan dimasukan kedalam nilai rapor.