Program Keahlian Otomotif beroperasi sejak tahun 2010 bersamaan dengan berdirinya SMKN 3 Kota Tangerang Selatan. Bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang siap kerja di bidang Otomotif sebagai Mekanik Sepeda Motor pada bengkel resmi dan umum. Saat ini telah meluluskan sebanyak 700 alumni sejak tahun 2013 s.d 2022 yang bekerja di dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA), melanjutkan pendidikan dan berwirausaha.

Peserta didik Program Keahlian Otomotif tahun Pelajaran 2022/2023 berjumlah 8 rombel terdiri atas 3 rombel kelas X, 3 rombel kelas XI dan 2 rombel kelas XII dengan jumlah 311 peserta didik terdiri atas 304 (90%) laki-laki dan 7 (10%) perempuan.

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor adalah kompetensi keahlian pada Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Studi Keahlian Teknik Otomotif yang menekankan pada keterampilan pelayanan jasa mekanik kendaraan sepeda motor roda dua. Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan, instansi atau perusahaan maupun pribadi (wirausaha).

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Our Team