Persyaratan Peserta

  1. Ijazah SMP/MTs/Sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/MTs/ijazah program paket B/ijazah satuan pendidikan luar Negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP
  2. Nilai rapor SMP/MTs/sederajat 5 (lima) semester terakhir;
  3. Sertifikat/piagam/surat keterangan prestasi/penghargaan akademik/ non akademik (bila ada);
  4. Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 15 Juni 2022 dan belum menikah;
  5. Kartu keluarga;
  6. Pas Photo ukuran 3×4 sebanyak 2 (dua) lembar;
  7.  Surat Keterangan Sehat dari dokter (Puskesmas / Rumah Sakit Pemerintah)

Tahapan Kegiatan PPDB

  1. Sosialisasi (20 Mei – 14 Juni 2022)
  2. Pendaftaran (15 – 20 Juni 2022)
  3. Uji Kompetensi / Test Khusus (21 – 29 Juni 2022)
  4. Verifikasi dan Rekonsiliasi Data (21 Juni – 01 Juli 2022)
  5. Pengumuman (04 Juli 2022)
  6. Daftar Ulang (05 – 07 Juli 2022)
  7. Awal Masuk Sekolah (11 Juli 2022)

Tata Cara Pendaftaran

  1. Calon peserta didik datang ke sekolah yang dituju untuk melakukan pendaftaran yang selanjutnya akan diinput oleh operator Sekolah ke sistem PPDB yang telah disediakan Dinas;
  2. Calon peserta didik SMK mengikuti tes kesehatan, tes bakat dan minat disesuaikan dengan bidang/program/kompetensi keahlian pada satuan pendidikan kejuruan yang dipilih calon peserta didik sesuai yang dipersyaratkan oleh satuan pendidikan yang dituju;
  3. Calon peserta didik hanya dapat mendaftar pada 1 (satu) satuan pendidikan dengan memilih maksimal 2 (dua) kompetensi keahlian.
  4. Calon peserta didik mendapatkan bukti pendaftaran di sekolah yang dituju;
  5. Calon peserta didik yang ingin mengganti pilihan sekolah atau kompetensi keahlian dapat melakukan cabut berkas melalui operator sekolah SMK awal pilihan selama masa pendaftaran berlangsung;
  6. Calon peserta didik yang berhasil melakukan cabut berkas akan mendapatkan bukti cabut berkas dari operator sekolah SMK awal pilihan;

Proses Seleksi

  1. Seleksi calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMK tidak menggunakan jalur: zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali, dan/atau prestasi.
  2. Seleksi calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMK mempertimbangkan:
    a. rapor peserta didik dari sekolah asal;
    b. prestasi di bidang akademik maupun non-akademik; dan/atau
    c. hasil tes bakat dan minat sesuai dengan bidang keahlian yang dipilihnya dengan menggunakan kriteria yang ditetapkan sekolah.
  3. Rapor sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a menggunakan nilai rapor pada 5 (lima) semester terakhir.
  4. Seleksi calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMK sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tetap memprioritaskan calon peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan/atau penyandang disabilitas paling sedikit 15% (lima belas persen) dari daya tampung sekolah.
  5. SMK yang melaksanakan tes bakat dan minat harus melaporkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten melalui Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Wilayah masing-masing meliputi: daya tampung dan waktu seleksi serta teknis pelaksanaan.
  6. Jika nilai akademik dari sekolah asal dan hasil tes/perlombaan/penghargaan sama, maka sekolah memprioritaskan calon peserta didik yang berdomisili paling dekat dengan SMK yang bersangkutan;
  7. Jika dalam hal domisili pada poin 6 masih sama, maka sekolah memprioritaskan calon peserta didik yang usianya lebih tua;
  8. SMK dapat menetapkan syarat kesehatan khusus untuk kompetensi keahlian yang memerlukan persyaratan khusus pemeriksaan kesehatan sesuai dengan bidang keahlian tertentu yang dipilih calon peserta didik. Dengan persyaratan sebagai berikut:

    Persyaratan Umum

    Persyaratan Khusus

    1. Tidak bertato
    2. Bagi laki-laki : telinga tidak bertindik
    3. Sehat jasmani dan rohani
    4. Tidak mengkonsumsi narkoba

    Animasi dan TBSM tidak buta warna

Penetapan Hasil Seleksi

  1. Bagi SMK Negeri yang melaksanakan seleksi dengan nilai rapor penentuan kelulusan berdasarkan nilai tertinggi;
  2. Bagi SMK yang melaksanakan seleksi berdasarkan nilai rapor dan prestasi sesuai bakat dan minat, maka penentuan kelulusan berdasarkan akumulasi skor tersebut;
  3. Bagi SMK Negeri yang melaksanakan seleksi berdasarkan nilai rapor, prestasi sesuai bakat dan minat, tes khusus maka penentuan kelulusan berdasarkan akumulasi skor tersebut;
  4. Bagi SMK Negeri yang melaksanakan seleksi menggunakan prestasi bakat minat dibidang seni, olahraga, keagamaan, dan lainnya adalah prestasi yang diperoleh melalui perlombaan/kejuaraan yang diselenggarakan oleh lembaga Pemerintah atau induk organisasi yang diakui oleh Pemerintah, maka pembobotannya sebagai berikut:

    No

    Uraian

    Bobot

    1

    Juara Tiga Tingkat Kabupaten/Kota

    5

    2

    Juara Dua Tingkat Kabupaten/Kota

    10

    3

    Juara Satu Tingkat Kabupaten/Kota

    15

    4

    Juara Tiga Tingkat Provinsi

    20

    5

    Juara Dua Tingkat Provinsi

    25

    6

    Juara Satu Tingkat Provinsi

    30

    7

    Juara Harapan Tiga Tingkat Nasional

    35

    8

    Juara Harapan Dua Tingkat Nasional

    40

    9

    Juara Harapan Satu Tingkat Nasional

    45

    10

    Juara Tiga Tingkat Nasional

    50

    11

    Juara Dua Tingkat Nasional

    55

    12

    Juara Satu Tingkat Nasional

    60

    13

    Juara Harapan Tiga Tingkat Internasional

    65

    14

    Juara Harapan Dua Tingkat Internasional

    70

    15

    Juara Harapan Satu Tingkat Internasional

    75

    16

    Juara Tiga Tingkat Internasional

    80

    17

    Juara Dua Tingkat Internasional

    85

    18

    Juara Satu Tingkat Internasional

    90

  5. Penetapan hasil seleksi PPDB dilaksanakan secara mandiri melalui rapat dewan guru yang dipimpin oleh Kepala satuan pendidikan dengan berita acara penetapan;
  6. Calon peserta didik yang diterima sebagaimana point 5, ditetapkan melalui keputusan Kepala satuan pendidikan;
  7. Pengumuman hasil seleksi peserta didik yang diterima diinformasikan secara daring melalui https://dindikbud.bantenprov.go.id

Daftar Ulang

  1. Peserta didik yang telah diterima pada satuan pendidikan wajib melakukan daftar ulang dengan protokol kesehatan sesuai masa darurat covid 19 yang ditetapkan oleh Gubernur Banten;
  2. Jika sampai batas waktu yang telah ditetapkan calon peserta didik yang telah diterima tidak mendaftar ulang maka dianggap mengundurkan diri;
  3. Persyaratan daftar ulang bagi calon peserta didik yang dinyatakan diterima adalah sebagai berikut:
    a. Menunjukkan dokumen asli yang telah ditujukan ke sekolah yang dituju pada saat pendaftaran;
    b. Kartu pendaftaran asli;
    c. Menunjukkan bukti tanda lulus seleksi; dan
    d. Dokumen lainnya yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan.

Daya Tampung

  1. Animasi (96 peserta didik)
  2. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (96 peserta didik)
  3. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (96 peserta didik)

Sosial Media

  1. Instagram : @instagram
  2. Twitter : @smkn3tangsel_
  3. Email : info@smkn3tangsel.sch.id
  4. Telp : 021-29435151