Animasi

Bekerja sebagai animator

Animasi

Animasi adalah Kompetensi Keahlian pada Bidang Studi Keahlian Seni dan Produk Kreatif Program Studi Keahlian Seni Rupa yang menekankan pada keterampilan pelayanan jasa pembuatan produk animasi berupa film, iklan dan game. Kompetensi Keahlian Animasi menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh studio animasi atau rumah produksi. Siswa dibekali kemampuan seni dan desain, kemampuan menggambar manual/digital, penguasaan software aniamsi, penguasaan teknik animasi 2D dan 3D, dan spesial efek, fotografi,sinematografi, dan produksi film animasi

Tujuan

Tujuan Kompetensi Keahlian Animasi secara umum mengacu padaisi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Animasi adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam hal berikut :

  1. Peserta didik dapat menyusun cerita dalam bentuk scrpit dan storyboard
  2. Peserta didik dapat mengoperasikan software dan periferal animasi 2D
  3. Peserta didik dapat mengoperasikan software dan periferal animasi 3D
  4. Peserta didik dapat membuat gambar animasi secara manual maupun digital
  5. Peserta didik dapat membuat karya animasi berupa film maupun media pemanfaatan lainnya
  6. Peserta didik dapat mendukung pembuatan game edukasi

Struktur Kurikulum

Kompetensi Keahlian Animasi menggunakan kurikulum 2013 revisi

No Mata Pelajaran Alokasi
Waktu
X XI XII
1 2 3 4 5 6
A. Muatan Nasional              
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 318 3 3 3 3 3 3
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 212 2 2 2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 320 4 4 3 3 2 2
4. Matematika 424 4 4 4 4 4 4
5. Sejarah Indonesia 108 3 3 - - - -
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya 352 3 3 3 3 4 4
  Jumlah A 1.734 19 19 15 15 15 15
B. Muatan Kewilayahan              
1. Seni Budaya 108 3 3 - - - -
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 144 2 2 2 2 - -
  Jumlah B 252 5 5 2 3 - -
C. Muatan Peminatan Kejuruan              
C1. Dasar Bidang Keahlian              
1. Simulasi dan Komunikasi Digital 108 3 3 - - - -
2. Tinjauan Seni 72 2 2 - - - -
3. Dasar-Dasar Kreativitas 72 2 2 - - - -
C2. Dasar Program Keahlian              
1. Dasar-Dasar Seni Rupa 144 4 4 - - - -
2. Gambar 252 7 7 - - - -
3. Sketsa 144 4 4 - - - -
C3. Kompetensi Keahlian              
1. Videografi 216 - - 6 6 - -
2. Animasi 2D 592 - - 7 7 10 10
3. Animasi 3D 592 - - 7 7 10 10
4. Proses Digital 314 - - 4 4 5 5
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan 524 - - 7 7 8 8
  Jumlah C 3.030 22 22 31 31 33 33
  Jumlah 5.016 46 46 48 48 48 48

Guru Produktif

Guru yang mengajar di kompetensi keahlian Animasi telah berpengalaman lebih dari 5 tahun yang berlatar belakang Sarjana dan Magister Pendidikan Informatika dan Pendidikan TIK

Mitra Industri

Berikut ini adalah Mitra Industri yang sudah bekerjasama dengan Kompetensi Keahlian Animasi